Jumat, 04 Desember 2009

Malcolm Baldridge National Quality

ABSTRAK

Teknologi Informasi (TI) memiliki peranan penting bagi perusahaan sebagai salah satu faktor dalam mencapai tujuan perusahaan. Peran TI akan optimal jika penerapan TI dikelola dengan baik. Pengelolaan yang baik dapat dipastikan dengan menilai kesesuaian antara penerapan TI dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Untuk mewujudkan kesesuaian tersebut, kita dapat menerapkan Information Technology (IT) Governance.
Pengelolaan teknologi informasi adalah suatu langkah dalam memastikan secara terus menerus adanya control objective dari pemanfaatan teknologi informasi di perusahaan.
Terdapat beberapa standar dalam peningkatan kualitas mutu total, salah satu diantaranya yaitu standar Malcolm Baldridge National Quality (MBNQ).
Analisis dalam penelitian ini mengacu kepada standar COBIT (Control Objectives for Information and related Technology). COBIT framework sebagai perangkat yang sangat baik dalam mengontrol informasi TI dan resiko-resiko terkait TI.
Penerapan standar MBNQ dengan menggunakan pengukuran COBIT pada domain Acquisition and Implementation (AI) dan Monitoring (M) diharapkan menghasilkan kebijakan pengelolaan teknologi informasi guna memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi di institusi/organisasi.
Pengintegrasian IT Governance menggunakan pengukuran COBIT dengan framework MBNQ menghasilkan suatu model keterhubungan elemen dasar framework MBNQ dalam aktifitas TI organisasi khususnya pendidikan yang sekaligus dapat dibuatkan pencapaian mutu kualitas pendidikan. Pencapaian mutu kualitas pendidikan tersebut mengambil studi kasus di ITB.
Hasil dari pencapaian mutu kualitas pendidikan dijadikan acuan bagi pemetaan antara proses-proses TI dalam domain COBIT dengan tujuh kriteria layanan TI framework MBNQ.
Hasil penelitian berupa usulan kebijakan pengelolaan teknologi informasi di lingkungan ITB yang pada penerapannya harus dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi yang ada pada organisasi ITB.
Kebijakan IT Governance yang diusulkan di ITB adalah untuk memperbaiki atau menyempurnakan kondisi yang ada agar dapat mencapai target tingkat kematangan yang diinginkan.
Kata Kunci : IT Governance, COBIT, Framework MBNQ, Kebijakan Pengelolaan Teknologi Informasi, Studi Kasus.